Menu Close

Rebuilt database setelah vps crash

Dan akhirnya hari ini blog ini dikembalikan ke backup database terakhir, yaitu tahun 2019 (mundur 4 tahun), karena database di vps corrupt.

Backup file dan database yang saya simpan di vps lain, ternyata sudah terhapus, karena tidak ada kendala pada blog ini, setelah sekian tahun. Jadi backup yang tersisa hanya dari tahun 2019.

Itulah pentingnya memiliki backup. 😀

Pada awalnya, saya curiga ada kesalahan plugins/konfigurasi yang membuat saya tidak bisa login, tidak bisa reset/forgot password juga. Tapi ketika dibuka memakai phpMyAdmin, ternyata ada informasi kalau databasenya tidak ada/does not exist in the engine.

Langkah awal, mau coba rsync dari vps satunya yang berfungsi sebagai backup, tapi sepertinya vps tersebut sudah pernah direinstall, jadi data di /var/lib/mysql nya sudah hilang.

Ada kemungkinan, database corrupt ketika vps dari connectindo restart sendiri, mungkin sekitar 24 hari lalu. Waktu itu sempat ada keluhan dari beberapa user di situs diskusiwebhosting, tapi saya abaikan, karena vps masih bisa booting, dan aplikasi masih bisa berjalan, namun saya “tidak” login ke blog ini, jadi tidak tau kalau databasenya corrupt karena vps restart mendadak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *