Menu Close

Mengapa BCA memotong saldo 50ribu ?

Beberapa hari yang lalu Bank BCA melakukan pemotongan saldo sebesar 50ribu pada rekening saya, dan beberapa teman juga mengalami hal yang sama.
Akhirnya saya kirimkan email melalui KlikBCA, dan mendapat penjelasan seperti berikut :

 

Update 6 Ferbuary 2016 :
– https://erawanarifnugroho.com/2016/03/05/sering-cek-saldo-di-atm-bca-kena-biaya-lho.do

264 Comments

  1. anon

    halo gan. minggu lalu saya setor tunai di mesin atm bca 150, tpi jumlah saldo malah berkurang 50ribu. lalu kemarin saya setor tunai lagi, terus dikurangi 50ribu lagi. jadi udah 100ribu yang dikurangi oleh BCA padahal katanya pengurangannya hanya dilakukan sekali saja. kalau mau mengadu gitu gimana ya gan? saya ga punya m banking. thx sebelumnya.

    • Erawan Arif Nugroho

      Misalnya kasusnya seperti ini, mungkin bisa dicoba dengan print data di buku tabungan beberapa hari sebelum melakukan setor sampai hari kedua pemotongan 50ribu. Kalau tidak, bisa memakai KlikBCA untuk print Mutasi Rekening dan print Saldo Akhir untuk dibandingkan.
      Jangan lupa, disiapkan juga bukti setornya, lalu datang ke kantor Bank BCA untuk melakukan pengaduan. Biasanya kalau datang langsung, jawabannya akan lebih memuaskan daripada melalui telepon.
      Tapi agan tidak ada seting untuk autodebet atau tagihan otomatis untuk keperluan yang bisa secara langsung mendebet rekening kan ya? Misalnya asuransi, kartu kredit, dll?

  2. Gita Oktia

    Kenapa tidak ada pemberitahuan resmi nya ya kalau akan ada pemberlakuan baru kaya gini. Kalau saya tau saya tidak akan melakuan transaksi lewat bca.
    Saya kaget teman saya transfer 110 masuk di atm saya saldo nya cuma 60.
    Tolong jangan seenaknya potong atau menahan uang orang tanpa pemberitahuan apapun.

    • Erawan Arif Nugroho

      Kemarin itu sempat memang ada posting di situsnya,tapi ternyata sudah dihapus. Mungkin karena ada banyak yang komplain mengenai masalah ini.
      Berita secara resminya, mungkin saat ini hanya bisa datang langsung ke Bank BCA terdekat.

  3. puji

    kalo sya bln desember ke potong 50rb, dan februari kepotong lg 50rb lagi, dan skrng barusan kepotong 20rb,, pdhl dipnjelasan katanya dibulan februari ad potongn 50rb,tp knp tiap bln sya mlh kepotong 50rb.

  4. Osman

    harusnya ada pemberitahuan terlebih dahulu klo mau ada kebijakan baru,jgn asal main tembak aja.
    untuk kedepannya tolong untuk pihak bersangkutan diperbaiki supaya tidak akan ada salah paham yang nantinya akan berujung ke pihak yang berwajib. Terima kasih

  5. aji wisnu

    Kaget Bukan Kepalang Kepotong 50rb….. Susah2 dapet pinjeman buat anak berobat, eh ke potong 50rb terpaksa berobat ke dukun……. 🙁 🙁 🙁

  6. no name

    sama aku juga kepotong 50rb + biaya adm 17rb + 5rb. cek mutasi hanya ada keterangan kepotong biaya adm. untuk yg kepotong 50rb tidak ada di detail murasi. padahal tanggal 17feb 2016 kemarin duitnya masih utuh. sesudah tgl 18feb ada potongan biaya adm dan tiba2 kepotong banyak sekali. kalo biaya adm kan masih terlihat di mutasi, tapi yg 50rb nya itu ilang kemana saya sempat binggung. kesel juga katanya cuman pertaman bikin rekening aja yg tertahan 50rb, lah kok ini di tahan lagi 50rb. apalgi pas lagi butuh mendadak kan bisa repot

  7. Cah ndero

    Memang BCA berhak melakukan pengendapan saldo 50ribu di rekening. Sepert BRi dia akan mendapatkan pinjaman modal yg sangat besar tanpa agunan ataupun pengembalian. 50rb x jmlh nasabah BCA(sekitar 13jtan)= sekitar 650 milyar. Bisa di bayangin kan??Akibat krisis moneter saat ini, aliran tunai BCA menjadi terganggu dan mengancam keuangan BCA. Efeknya, BCA mengambil jalan singkat ini yg menuai kontroversi karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya.. Kalo saja sandal atau jemuran yg kita ambil, kita akan bonyok2 dipukuli massa. Tidak tau klo hukuman buat BCA ngendapin saldo tanpa pamit ma yg punya…

  8. raden

    Saya baru buka rek bca,,, setoran awal 6jt..Dan pada saat ane setor lg uang sebesar 242rb,, setelah saya cek saldo saya jadi 6jt 184rb,,, Kok sebesar itu potongan bca..

  9. andreas

    seenaknya ngambil duit orang, sama aja ini namanya perampokan!!!! 50rb dikali jutaan nasabah yg dipotong udah berapa duit!!! gw kagak ikhlas…

  10. cici

    saya kepotong total 150.
    jan 50. feb 50, april 50. sayangnya yg feb sama jan sudah ga bisa dimutasi. hiks kasian anak kost 🙁

  11. koi

    bulan kemarin saldo sy ilang 50rb, di mutasi ga ada…barusan mau narik 50rb di atm “maaf untuk sementara transaksi tidak dapat di proses…” pas di cek ternyata saldonya jg ilang 50rb, liat di mutasi jg ga ada transaksi 50rb, trus lari nya kemana tuh duit..

  12. Purnama Raditya

    Sama nih kejadiannya, tanggal 29 April teman saya transfer ke rekening saya sebesar 50rb , pas saya cek di mutasi rekening lewat klikBCA memang ada bukti transferannya.. tapi knp pas saya cek saldo di ATM uang saya tetap segitu tdk bertambah.. dan uangnya tdk bs diambil, trs kemana ? Parah bgt sih ini BCA mengendap uang nasabah seenaknya aja tanpa konfirmasi. Sial !

  13. Kazzam

    Sudah sejak dulu saya kritik sama BCA ,kalau ada pemotongan sebaiknya dicantumkan di account statement nasabah sehingga saldo Debet dan Kreditnya balance. Nasabah pasif biasanya Rp. 10.000 hilang ,eh ini malah ditambahin hilang Rp.50.000 lagi. Belum lagi ditambah naiknya Bi.ADM Rp.15.000 dan Rp.5.000/transaksi .Gak enak emang jadi orang kecil ,bergaji kecil meski masih satu atap dengan :
    ” Khusus rekening Tahapan yang digunakan untuk rekening payroll dari perusahaan yang bekerja sama dengan BCA tidak mengalami perubahan saldo minimum yang ditahan dan tidak dikenakan biaya administrasi tambahan.”

    • Erawan Arif Nugroho

      “Khusus rekening Tahapan yang digunakan untuk rekening payroll dari perusahaan yang bekerja sama dengan BCA”
      Walaupun pada awal bekerja diminta rekening yang khusus untuk menerima gaji, tetap saja kena potongan.

  14. ARAL

    saya isi 200 saldo nya malah jadi 160 :(, gimana nih, kok seenaknya gitu potong potong, mohon keluhan konsumen di perhatikan jika tidak ingin kehilangan nasabah sedikit demi sedikit

  15. Widi

    Sama ane juga, baru setor 3 juta, dibuku rekening si 3 juta, tapi cek diatm kena potongan 58ribu, terus waktu maren transfer juga kena 50 ribu
    Masa setiap transaksi kena potongan 50 ribu ya tekor ini

  16. Amel

    wah saya juga sama barusan ngecek saldo udah dipotong aja 75 ribu. rasanya kesel banget tau dipotong sebesar ini tanpa ada pemberitahuan sebelumnya dari pihak bca 🙁

  17. brenda

    samaaaa.. saya april kepotong 50rb.. tiba tiba mei kepotong lagi 50rb. tiap ada yang trf , kepotong 50rb.. sangat mengecewakan !!!!!!!! bberapa kali nelfon halo bca sampai pulsa habis.. dirinci dan dicek terus tp tdk dpt penjelasan puas kenapa slalu terpotong!!!

  18. rudi

    sama kawan,sy tgl 2 mei 2016 bikin rekning di BCA,Sy buka rek untk gaji,jd trpksa saya mnjem uang dlu 500rb.pas hari itu jg sy tarik udah 450 saldo sy.sy ambil 400 krna atmx nom 100 ribuan,sisa 50,sy cari atm 50 rb,eh saldo sy 40 rb.gmn sh ini.

  19. rudi

    jadi ngutang sy sama org.trs td pagi nh kt tmn saya gaji sudah masuk,saya cek cek saldo sy tinggal 20 boro boro msuk gaji kecewa yg sy dptkan sodara.tumben sy nbung di hati jengkel skl.org susah malah di susahin,knp jg perusahaan tmpt sy kerja gabung BCA

  20. isti

    Kampret,feb kepotong 50rbu,dah gw ikhlasin eh 3bulan Atm ksong,bgtu ada isi nya gw cek lg,kpotong 150rbu,lngsg ilang nafsu mkan gw.
    Maret,april,mei tuh kali.g
    Berarti dptong tiap bulan,biarin bsk gw datengin.

  21. avril

    Baru tau kebijakan bca ngendapin uang 50rb sya Baru buka rekening kmarin setoran awal 580rb tp ketika dicek diatm stelah bberapa menit yg ada disaldo ATM hnya 530rb cb Cek mutasi g ada potongn yg 50rb hny ada setoran awal 580rb bner2 kcewa sm bca

  22. hery

    Barusan ngalami, abis trf cek saldo kepotong 50rb jg, gmn tmn2 udh pada dpt jwbn pasti blm dr BCA?rencana bsk pagi mau komplain ke BCA nya, edan kalau begini terus saya mau pindah bank aja

  23. cobain

    bca mungkin menganggap perusahaannya berhasil memonopoli pasar pada sektor banking, e business, e commerce. khususnya b2b dan b2c.
    sehingga mereka dapat memainkan uang nasabah seperti ini.
    semua kendala2 seperti kehilangan nasabah pastinya juga sudah di pikirkan matang2, yg pasti mereka sudah mencocokkan beribu kemungkinan jika hal yg buruk terjadi pada loyalitas nasabahnya selama ini.
    salah satunya dengan jawaban yg sangat terprosedur atau terstrukur dari balasan customer service diatas..
    seakan2 bca sudah siap atas pertanyaan2 tersebut..dengan dalih2 dri pernyataan diatas.
    mereka juga pasti sudah men survei perusahaan2 yg mengharuskan karyawannya menggunakan bank bca dan tidak memungkinkan juga kerjasama tersebut menguntungkan kedua belah pihak (keuntungan pro rate dr transaksi yg dilakukan perusahaan terhadap kerja samanya dengan bca)
    yg jelas skrg bca sudah lebih dr memakan uang riba yaitu lebih tepatnya memakan uang haram

  24. Ferisa Nila

    Saya pakai bca gold. Kmrn sy juga ngalamin 5hari yang lalu tabungan sy kepotong 22rb . Ok saya pikir ngga masalah itu potongan bulanan cm sekali dlm sebulan sprti biasanya . Nah hari ini saya baru dapet transferan, stlh di cek ada potongan lg 22rb. Jadi dlm waktu krg dari seminggu uang sy udh 2x dipotong . Dan stlh sy liat di mutasi rekening. Riwayat potongan yg sblmny sdh ngg ada dan cm ada potongan yg hri ini sm transaksi lainny sprti tarik tunai, transfer yg sama ky mutasi kmarin. Kok bs seperti itu y? Dulu pdhl potongannya ngga sebanyak itu. Wlaupun skr tambah naik tp sy ttp Setia aj pakai bca. Lah skr kok malah makin menjadi. Untuk sy seorang mahasiswa, potongan di atm itu derita bgt.. ???

  25. hugy

    Kesel ama bca , saldo gue ngurang gak jelas terus , kalo gini caranya gue gamau nabung di bca lagi , seenaknya motong duit orang

  26. a

    jumat tgl 17 kemaren buka rekening bca yg gold,dengan setoran awal 1jt,sabtunya tgl 8 iseng mau cek atm.kok hilang 82ribu, ,,duh tu uang ilang kmna,kata cs nya cuman 50ribu yg ngendap la ini 82ribu..nyesel buka rekening bca

  27. david

    Mari kita beramai-ramai tinggalkan BCA&pindah ke Bank lain. Saya sudah tidak nyaman dgn potongan-potongan yg tidak jelas ini.jika tidak cepat ada tindak lanjut akan banyak merugikan nasabah.

  28. kekeikke

    seminggu yg lalu saya juga baru buka yang silver dngn setoran awal 2.350k. dan hari ini saya cek saldo ternyata kepotong 60k tapi pas saya cek mutasi hannya keterangan 10k untunk biaya pembuatan kartu dan tidak ada keterangan pengendapan uang yg 50knya

  29. Dije

    Ih saldoku tgl 68rb pas tgl 15 juni, aku cek tdi. Ada transaksi admin 10rb dan 50rb d tgl 17 juni. Sisa 48rb harusnya. Lah ini aku cek hari ini, Rp.0. Berarti udh d potong byk bgt. Ntar kalo mau setor kepotong lgi. Ganti rek. Ajalah…kesal. untuk blm setor byk,, hhhh

  30. Dije

    Ini saldoku tgl 68rb pas tgl 15 juni, aku cek tdi. Ada transaksi admin 10rb dan 5rb d tgl 17 juni. Sisa 48rb harusnya. Lah ini aku cek hari ini, Rp.0. Berarti udh d potong byk bgt. Ntar kalo mau setor kepotong lgi. Ganti rek. Ajalah…kesal. untuk blm setor byk,, hhhh

  31. akbar

    saya kepotong dua kali 50rb yang pertama pada januari dan yg kedua barusan banget kepotong 50rb, setelah saya cek tanpa ada keteranganya di mutasi rekening di klik bca. sangat mengecewakan

  32. Cinguk

    Nah ge barusan dpt trf Dari temen 50 rebu.. Tapi di Cek saldonya nol.. Di liat di mutasi rekening transfernannya masuk.. Ngilang kemana tuh duit?

  33. Sutarya

    Saya barusan tgl 17 juli 2016, mengalami hal yang serupa, saldo saya terpotong 50rb setelah saya melakukan beberapa transaksi transfer dana. saya cek di mutasi tidak terlacak sama sekali, malah informasi saldo akhir di mutasi tidak balance dengan informasi saldo akhir di informasi saldo. Ada selisih 50rb, dimana saldo akhir di mutasi lebih banyak 50rb dari saldo akhir di informasi saldo. Bikin kesel sama BCA,, seenaknya motong uang orang sebesar 50rb, mereka pikir gampang cari uang 50rb apa!!
    Untuk apa sebenarnya pengendapan sebesar itu? bukankah setiap bulannya sudah dipotong biaya adm nya??

  34. Natan

    Kampret emg nih, masaa gw jga ke potong 50rb barusan, pdhl transfer 150 pi yg bsa diambil cma 100,, gak ikhlas dunia akhirat.. mendingan pindah tabungan aja

  35. Woeland Arisandhy

    Kalo baru buka rek. / atm apa gk bs langsung transaksi ( transfer ) , apa harus nunggu 1 minggu ??
    Makasiih

    • YENNY YAUW

      BCA sudah mau failit, pemotongan 50 rb tanpa mutasi rekening itu sama dengan curi uang nasabah, uang saya terpotong 67 ribu tanpa mutasi rekening, besok saya tutup rekening pindahkan ke bank lain, ayo rame2
      tutup rekening…

  36. Papajim

    Kalo Saya gan, setiap ada transaksi Uang masuk kerekening Saya, maka saldo saya langsung dipotong Rp.50.000,-, dan anehnya lagi begitu saya cek (pake Internet Banking) detail ACCOUNT STATEMENT saldonya BENAR tapi begitu saya buka BALLANCE INQUIRY ternyata saldonya sudah berkurang Rp.50.0000,-….

  37. ayu

    Iya nih…kmrrn d CS nya ga dijelasin ttng pengendapan uang…trs ga ada keterangan di mutasi…uang itu kmn? Apa dbalikin lg k nasabah suaru saat?

  38. Della

    Akun BCA saya juga begitu. Bulan ini di rekening saya hilang 50rb entah kemana sedangkan dicek di mutasi rekening tidak ada. Hari ini pun saya transfer 200rb ke teman, tapi saldo saya malah berkurang 50rb. Aneh sekali. Report saldo terakhir di Mutasi Rekening dan saldo aktif berbeda. Selisih 50rb. Aneh banget BCA, bikin peraturan tanpa sosialisasi ke nasabah dan main ambil uang orang seenaknya..

  39. Ismail

    Saya baru buka rek BCA setoran awal 500 memang dijelasin saldo mengendap 50rb buat apa? besoknya saldo kepotong 10rb buat biaya atm, kenapa tidak dijaskan, kenapa tidak tagih saat pembukaan malah motong saldo rekening.
    Saya terpaksa buka BCA karna konvensional, sebelumnya pakai BNI Syariah dan Cimb niaga syariah dengan akad wadiah, Tanpa ada biaya administrasi bulanan tidak ada saldo mengendap/atau saldo terpotong tanpa sepengetahuan dan berjalam di system bank konvensionalnya tidak seperti bsm dan bri syariah, jadi tambah mudah untuk internet banking. Saya menyarankan menyimpan uang untuk jumlah besar di bank syariah.

  40. Ani

    jadi di bca ada pengendapan uang 50rbu ??
    apa setiap buln atau sekali saja ??
    baru kemarin bikin bca saldo awal 700 dibuku tabungan juga gtu .. tapi pas td ngeliat lagi mau transfer uang brkurang 50 ribu ??
    alasannya sperti apa ko ada pengendapan segala ??

  41. Ani

    jadi di bca ada pengendapan uang 50rbu ??
    apa setiap buln atau sekali saja ??
    alasannya sperti apa ko ada pengendapan segala ??

  42. Andri

    pantesan dari 4 bulan lalu kook saldo di rekening seperti berkurang terus kisaran 50rb sampe 65rb, ternyata maling jg ini bank, berapa trilyun yg diperoleh tiap bulannya melalui modus pencuriannya..semoga pemerintah jeli untuk kasus spt ini

  43. Jauharil

    Iya nih BCA bangsaaaaaaat. Aku baru kirim uang. Ternyata kepotong juga 50 ribu. Apa setiap kirim uang mesti kepotong 50 ribu? Dan apakah setiap kita dikirimi uang juga dipotong? Ini aturan setan. Siapa yg kasih hak pada BCA untuk melakukan pemotongan ini. Nasabah dan Bank kan terikat perjanjian. Kl hal ini tidak ada dlm perjanjian di awal ketika membuka rekening, ini adalah tindakan kriminal. BCA telah merugikan pihak nasabah secara sepihak. Harus ada gerakan untuk membawa ini ke ranah hukum. Harus ada gerakan kawan2. Kasihan anak kos, pegawai kecil, 50 ribu itu sangat berharga. Mari kita bergerak dan melawan kezaliman ini. Jangan diam, atau mereka suatu saat akan semakin rakus merampok kita !!!!!!!!!!!!

  44. Hendrix

    gw bikin rek 550k jadi 500 pas dicek …. dijelasin pengendapan dana 50k kata cs nya …. nyoba langsung transaksi transfer gagal terus … tanya email nunggu 1hari katanya

  45. tia

    Kemarin akau baru aja bikin rek.bru, nah barusan aku mau setorin uang pk atm setoran eh giliran struk keluar saldoku berkurang 65 ribu
    Gimana ini, diambil semua aja gitu lwat atm.
    Cara nutup lwat online bisa g’sh?
    Nyesel aku buka rek. Critanya pngen nabung malah buntung
    Ampun BCA padahal waktu buka rek. g’ad obrolan ky gtu sm CS’nya ????????????

  46. rika

    Kmren kamis cek saldo di klik bca 1,4,,pdahal ada transaksi masuk.dicek lg tetep aja 1,4…krna agak aneh jumat ke bca print buku tabungan.saldonya 1,5..mlm ini cek saldo pake klik bca kok masih 1,4,,,,,,ini yg bner yg mana????

  47. Agam

    Sama gan,hri ini saya terima transferan 150 tapi kepotong 50 rb, tlp ke halo bca katanya ada pengendapan per feb 2016, loh koq bru dipotong sekarang,gak ada sosialisasi dulu lagi wahhh bca sudah makin parah, namanya saldo mengendap itu selalu ada di rek misalkan bni min 15 rb,akan selalu ada saldonya jd kita tarik uang atw transfer saldo min tetap 15 rb di rek,nah koq bca saldo kita jd ghoib yah…ini jelas penipuan haduh segera sya tinggalkan bca

    • anonymous

      sebener nya ud di potong dari bulan februari gan, saldo saya aja dari februari smpe skrg kepotong 50ribu mulu perbulan, malah ada kepotong nya 2x dlm sebulan, kampret emang

    • Hery

      bener bro, punya saya malah selalu kepotong 50rb tiap bulan, aneh kan? kalau itu saldo mengendap ya harusnya hanya sekali potong saja kan??? ini gimana ya? ada yang bisa jelaskan??

  48. Ditha

    Gue pikir gue yg salah inget dari kemarin, trnyata emng bener yee, kepotong2 ga jls trus…. Tiap ada yg transfer sllu berkurang, setor tunai jg tiba2 berkurang… Mau nyetak ga sempet2…. Gokil 50 rb kali brp ratus kpala ini… Kacau

  49. NengGeulis

    Pantesan naha teu akur mutasi jeung saldo akhir.. kirain kena bobol.. heeeeuuhh.. aya-aya wae, ari kitumah masukeun atuh kana mutasi rekening catetanna.. klo gak tercatat apa namanya? gak jelas. Thank you gan atas info ini.

  50. Happy chaesari putri

    Duh 1 bulan ini. Transferan ada 3 kali tp selalu aja kena potongan 50rb tiap ada transfer . Kalo gini kapan bisa narik uang utuh sesuai nominal transferan . Udah telpon cc bca tp enggak memuaskan. Bilangnya nominal mengendap tp sekali penarikan ini berkali” . Tolong di periksa kembali . Terimakasih

  51. ekoo prasetyo

    Gan masa teman saya numpang ngirim uang lewat atm saya Rp.200rb tetapi baru saja tadi saya dan teman saya ke atm tetapi hanya ada Rp.150rb trus yg 50rb lgi kemana ya. Mohon bantuanya

  52. bejo

    anak kost,
    duit sdh habis, minta hutang teman 50 ribu buat beli beras
    eh ternyata saldo tetep 0, BCA ANJENG GW PATAH2IN KARTU ATM LO, GA SUDI GW KENA TIPU,
    KUTUNTUT DIAKHERAT NANTI, SDH KERE KENA TIPU PULA. CUK LAH

  53. yoseva

    Kak numpang tanya dong, saldo di bca tiap bulan ada pemotongan 50rb diluar biaya administrasi ya?
    Soalnya saya baru buat agustus kmren, awal buat udah kepotong 50rb,kata tellernya saldo mengendap. Trus tgl 19 agustus kepotong 15rb untyk biaya administrasi.
    Lalu saya baru cek tgl 3 september lalu kepotong lagi saldonya 50rb, padahal saya tidak ada melakukan transaksi apapun.
    Jadi tiap bulan total potongannya 65rb ya?
    Bangkrut ane?

    • Erawan Arif Nugroho

      Seharusnya hanya satu kali, yaitu saldo mengendap 50ribu. Biaya tiap bulan harusnya tinggal biaya administrasi sesuai dengan jenis kartu ATM.
      Misalnya saldo per bulan kurang dari 100ribu, akan dikenakan biaya administrasi sesuai dengan jenis kartu ATM yang dimiliki, misalnya Silver 17ribu.
      Kalau tiap bulan kepotong 65ribu,sebaiknya kita tanyakan langsung melalui situs KlikBCA, karena biasanya lebih cepat jawabnya.

  54. The Riddler

    Sy brprofesi sbg pegawai Bank Syariah yg jg memiliki rekening tabungan tahapan Bank BCA yg sdh ckp lama tdk bertransaksi, dg posisi terakhir saldo direkening sy tarik habis jadi Rp.0- Bbrp hari yg lalu sy setor tunai sbsr Rp.1.5jt, iseng2 utk mengisi saldo di tab BCA sy, tp saldo akhir di slip atmnya sbsr Rp.1.445.000. Sy tdk cek ke petugas banknya, namun cek di website BCA sj. Sepemahaman sy, saldo mengendap adlh saldo yg diblokir direkening nasabah, dlm hal ini di BCA sbsr Rp.50rb. Saldo mngendap tsb akan tampak ditotal saldo akhir kalau cetak buku tabungan atau cek via internet banking namun tidak muncul di saldo akhir kalau dicek di mesin ATM. Biaya administrasi tetap 15rb/17rb per bulan tergantung jenis kartu ATM. Kalau saldo akhir dibawah Rp.100rb akan kena biaya admin tambahan lagi sbsr Rp.5rb krn ada ketentuan biaya saldo dibawah minimum. Jd nasabah idealnya menyisakan saldo sbsr Rp.115rb/117rb setiap akhir bulan. Perihal ini seharusnya dijelaskan lebih rinci oleh petugas bank, tp petugas cs nya mgkn sj hny skedar membukakan rekening tanpa memberikan penjelasan produk dg detail, jd nasabah jg hrs aktif bertanya mengenai fitur produknya. Bank BCA mgkn jg sdh menginfokan ketentuan baru ini di websitenya, namun itupun kalau terbaca oleh semua nasabahnya. Saat ini tabungan di bank2 berbasis syariah dg akad wadiah bs jadi pilihan yg baik krn minim dr biaya2 administrasi yg mgkn berat bagi nasabah. Sekian, mdh2an bermanfaat 🙂

  55. Hairul Antiq

    Daripda kita ngalami tekanan dengan pemotongan yang gak jelas dari pihak BCA mending kita siap2 pindah ke bank lain. masih banyak kok bank lain yang lebih beraturan dan sportif melayani nasabahnya. Hehe

  56. hendrik

    Saldo di atm saya berkurang 500ribu,padahal terakhir transaksi tgl 18 september 2016 hari minggu sore saldo terakhir masih 3.800.000 lbh dkit,kebetulan hari senin siang tgl 19 september 2016 saya ngambil uang di atm bca 800rb untuk bayar motor,dan saya kaget setelah saya ambil 800rb saldo jadi 2.529.000.kemana yang 500rb lg???bagaimana caranya untuk mengadukan hal ini agar uang 500rb sy bisa kembali.

  57. Ratih

    Parah bgt nih Bca… barusan gw ngalamin juga. gw tadi setor tunai di mesin atm 200 rb. Tapi pas liat saldo kok cuma 150rb yang masuk. Mana lg bokek bgt nih akhir bulan.
    Kayanya emang bca udah harus ditinggalin nasabah nih. Udah gabener bgt sistemnya. Gw juga mau pindah bank nih.

  58. iwan

    oh.. ternyata bukan saya aj toh..yg mengalamin potongan 50 rb , saya malam ini ribut sama istri saya dikira saya ambil uang diam2 tanpa sepengetahuan dia , istri saya awal mula cek itu saldo 150 an kata dia saya memank untk keuangan saya serahkan sama istri saya . tiba2 begtu di cek istri saya kok malah sisa 100 rb kata dia . ini bukan masalah nominalX tapi caraX ngk mesti bgtu mau potong2 seenakX uang orang . iya klo ad pemberitahuan dulu ada pemotongan gk jadi masalah tapi klo tiba2 main potong itu namaX ” seenakX ” saya yg dikira istri saya yg ngambil uang seenakX.

  59. lingga fikri

    tanggal 4 kmren saldo msh 444 barusan cek jam 2 siang dan hanya selang 2 hari td tinggal 338 uang saya ilang 106 ribu
    bank apa rampok si ini BCA asu tiap bulan saldo berkurang 100 rb

  60. rif

    hadeuh senasib semua ya… ane cek sama juga hilang 50rb setiap masuk uang ke rek ,tanpa ada laporan.. harus disatronin nih bank..

  61. Itha

    Msh mending 50rb ??..saldo sy sisa Rp.0.00 .. pdhl 3hri lalu sy cek ada 3jt skian, udh tlpn cs tp di blg gk bs bntu apa2, cm bs bntu bikin keluhan !! Prnh gk sih ada yg kyk gini jg ???

  62. alfan bahraney

    Sy jg pny kasus yg sama. Saya mnt trnsfer istri saya 75rb dg harapan bs saya tarik 50 dan sy sisakan 25rb.krn sy mmg tdk tahu kl ada pemotongan utk minimum balance. Lha kok tiba2 ditransfer 75rb saldo saya amblas semuanya.di mutasi rekening ketulis transfer masuk 75 rb tp gak ketulis bhw ada potongan 75rb. Sial bnr bank ini kecewa saya 11 tahun jadi nasabah bca. Sebaiknya kita semua yg senasib segera tutup rekening saja lalu pindah ke bank syariah saja. Sekarang bca sudah nggak beres.udah gak sehat lagi.

  63. Abarfa

    Saya baru aja cetak buku tabungan kemarin, memang ada selisih saldo, di buku tabungan lebih besar 50rb dari pada jumlah yang kita cek di mesin atm. Mudah2an gak kena potong lagi. Cek terus rekeningnya…

  64. sakinah

    Saya jg sama awal saya buat 2012 ga bgtu .. eh skrg bca kecot ada uang tahanan dkira dipenjara x 50rb okelah gw paham tp bsknye diptong 20 rb gw komplain mrka blg uang admin tai kucing lah barusan ni tgl 30 10 2016 jam 13 : 00 gw cek atm lg moso di potong 10 rb lg kampreto. Ini duit orang yg dikit di liatin bgt gmna yg puluhan juta kaga ketauan ya… sue bgt mau jd lintah darat mending gw yyimpen emas ilang ketauan dijual baru dipotong…. tolong dong bca bebenah !!!! Enak di eluh susah di gw dong bca … baca dong cr duit kite suseh lu gampng bnr

  65. tata

    sama nih . masa tiap bulan kepotingnya banyak bgt. dpt bunga nya gak seberapa . potongannya 50rb??
    bikin rekening bca baru bukannya untung dpt bunga malah nguras saldo setahun +- 600rb ???
    saya mau tutup rekening aja. udh gak bener ni BCa. saya pindah aja bikin BRI yg bikin saldo nambah tiap bulan . gak ada potongannya.

  66. Sindy ayu apriyanti

    Saya mau tanya om, saya baru bikin atm biasa dengan tabungan awal 200rb. Nah besoknya kan saya cek saldo 190rb karna udah kena potongan 10rb.
    Lalu saya pake uang sisa saldo yg 190 untu belanja online sebesar 149000, otomatis sisa tinggal 40rb di atm. Nah lalu ada yg transfer om saya sebesar 53000, harusnya saldo bertmbah menjadi 93000 kan? Tp disini baru saya cek td cuma ada uang 69000, itu sisanya kemana ya om?

  67. Jazali

    Mat pagi. Sy melakukan xfer dari bca ke Account ponakan bri syariah melalui ebanking. Beberapa kali Xfer dinyatakan gagal dan dicoba beberapa kali lagi dilain waktu namun tetap gagal (sdh lebih dari 10x) Alangkah terkejutnya saya, setelah cek dimutasi ternyata setiap kali xfer yg gagal dikenai charge rp. 3500. Yg semestinya tidak dikenakan karena xfernya gagal. Mohon saran bapak apa yg seharusmya saya lakukan ke bca? Terima kasih

  68. Ari E Wati

    barusan saya juga tarik tunai di atm BCA, padahal saldo awal masih 3,800,000, giliran saya ambil 300,000 tanpa cek saldo terlebih dahulu, ternyata sisa saldo masih 3,469,000 harusnya kan 3,500,000…berkurang 31,000…gimana sih ini sistemnya ? emang tiap bulan selalu dipotong ya…

  69. anton ali pandi

    min, saya buka rekening di bca saldo awalnya 75.000 karena tempat saya bekerja telah bekerja sama degan bank bca itu pas hari jumat tanggal 02 desember 2016, saya dikasih kartu provider telkkomsel gratis untuk cek saldo agar tidak perlu repot cek saldo d atm
    lalu saya cek saldo ketika hari senin tanggal 05 desember 2016, saldo nya tinggal 15.000
    itu 60.000 nya lari kmna ya mi?
    makasih

  70. Ir

    Bca anjeng
    Saya buka rek bca utk payrol gji tiap bln, saya setor awal 2,5jt smggu kmudian saya butuh mau tarik tunai kok saldo saya tggl 35rbu. Gimana ini?

  71. ressa

    baru ngeuh ini kepotong 50rb.. diluar biaya ada(15rb).. pas rekening lg soak iseng” liat mutasi
    wahh udah mulai gak nyaman nih ama BCA… pdahal udh 5thn lebih pake.

  72. erwati

    Sebaiknya datang langsung ke bank dan minta print buku, karna kemarin saya mengalami hal yang sama tapi ternyata ada selisih 50rb di buku tabungan. Jadi potongan 50rb itu untuk saldo ditahan . Akan dikembalikan saat akan menutup rekening. Selain pemotongan 50rb ada juga biaya adm sesuai dengan kartu yang anda gunakan

  73. Kecewa Berat

    Parah ni Bca , tadi siang saldo saya 6,6 jt, aku ambil di ATM 4,1jt , seharusnya tinggal 2,5jt, tapi tadi kira2 jam 8 malam aku iseng2 check saldo di atm indomart skalian beli rokok… eeeh terjata saldoku tinggal Rp.1,9jt. Sampe saat ini aku down, pusing banget ni kpala.. #####anjing bca kembalikan uangku#### asu

  74. iha

    Sama aku juga udah berapa kali kepotong 50rb. . Cm paling inget pas bln maret kalo ga salah pas lgi kepepet banget eh malah duit nya ga ada belum lgi kmren tgl 17 udah kena potongan admin 24rb, yg katanya kalo bca atm gold cm dipotong 17rb/bln,dan ga nentu potongan admin nya kadang tgal 20 kadang jd maju ga genah

  75. Meyy

    inii gimana yaaa kak? Saldo saya kepotong 54rb lebih, harusnya cuma 40rb kan yaaa kalau memang adaa penambahan biaya penahanan ny..
    kalau gini cara ny besok harus ke bank ny langsung biar jelas..

  76. anna melaira

    Aq td siang baru download aplikasi bca mobile.trs td terakhir aq tarik tunai d atm saldo sisi 1877000 e. Pas malam aq cek. Saldo saldo sisa. 1677000 gila memeng kira duit 200rb itu cari gampang apa

  77. JA

    Sama bgt.. Gw kepotong 50rb sebulan berkali2.. Dalam 10 hari kepotong 100rb.. Gila nih bca.. Cek mutasi ga da transaksi…
    Sebagai nasabah bener2 kecewa…
    Ganti bank lain…
    Tuntut aja broohhhh biar duit kita balik… Kasian banyak yang rugi gara2 BCA

  78. Rait

    Dasarrrr….. Klaw kaya gini sama aja, bank bca lintah darah.. Penyedot darah… Wkwkwkkw… Kata y bank terkaya di asia tau nya penyedot no 1 diasia.. Hati2 yg pengguna yang memakai bank bca..

  79. Username

    Saya tadi baru bikin rekening bca, tapi selesai bikin saya ambil semua uang yg ada di atm… Itu nnti bisa kena masalah gaa gan

  80. Mr.j

    Saya juga sama awalnya punya saya 3jt saya ambil 500rb dan untuk flash 500rb harusnya uang saya 2jt .setelah itu di hari yang sama saya iseng chek saldo harusnya uang saya tersisa 2jt ya kalau kepotong adm katakanlah 50rb. Jadi 1,950. Eh ternyata pas di chek hilang 200rb. Menjadi 1.8 .itu 200rb nya kemana ya saya masih pusing. Potongan apa aja 200rb dalam sehari.. Esok saya niat untuk ke kcu nya.. Lama2 bank ini parah

  81. Setya aji

    Gue jga pernah ngalamin gan, kan posisi atm bca gold aku 0 Rp slama 2 bln trus ada tmen aku yg trnsfrin ke atm ku 100 rb sukses, trus gue samperin ni atm dket2 rmh gue, mau ambl tu uang tau2 nya saldo tngal 30 rb gan, kan anjing tu namanya, mana lg butuh duit bgt pas itu

  82. Bca maling

    Saya baru ke potong jg nih sekitar 50rb. D mutasi rekning tidak ada pemberitahuan sama sekali, bsk saya akan langsung tutup rek BCA saya

  83. alline

    asemmm….!!! kepotong 50 ribu tanpa pemberitahuan..!! jadi elama ni gue ditipu..!! hiks…
    bARU TAU setelah iseng2 ngecek….transferan dr orang2…
    pindah bankk…

  84. Ahmad muhtadi

    Saya juga kemarin baru buka uang bca setor pertama 500 ribu tapi yadi saya cek saldo ko berkurang 50 ribu ya … Toyal saldo cuma 450 ribu kenapa ya ?

  85. david

    kemarin baru dpt tranfr skitar 1,450000.pas di cek saldo cuma 1.400.000.di ambil 200rb harusnya masih 1,200.000.tp pas cek saldo knapa tinggal 1,185000.kok jadi BCA jadi gk jelas gini

  86. Narti

    Hari ini saya yg kena…Udah DPT transferan 100rb ehhhhh pas d cek saldo nya 50rb.klo gini mw pindah bank aja…Zaman udah susah hilang duit 50rb sakit bgt…?

  87. nita

    saya udah 2 kali ilang 100rb ga kurang ga lebih . dipikir” apa salah liat ? tp pas liat struknya dalam sehari ilang 100ribu itu ga masuk akal !!

  88. HENGKI

    Tolong pihak BCA kl ada peraturan atau kebijaksanaan baru diumumkan yang jelas jadi gk salah paham dan bikin kaget nasabahnya.pamor BCA juga terjaga.trimaksh.

  89. Sarah

    Iya saya juga jarang ngprint buku tabungan BCA, ehh kok selisih uangnya beda 100rb..di buku uang saya ada 795rb, tapi pas di cek di atm cuma ada 695rb
    Kemana ya uangnya? Trus setiap kapan uang kita d ambilnya? Dlam jarak berapa hari or bulan? Trus itu stiap habis transaksi apa? Kan saya gatau, tiba2 uangnya hilang..

  90. sri

    Q nabung tgl 29 januari saldo Rp.1.700.000 nabung lagi tanggal 3 februari 400.000 total saldo 2.100.000 tanggal 10 februari q ga sengaja pengen cek saldo .pas di cek kok saldo q cuman 2.000.000 .kok BCA main ambil saldo saya 100.000.
    Saya tidak pernah melakukan transaksi apa apa.kenapa BCA seperti ini.

  91. robbaio

    Wadauuu .kasus nya sama ni gan .ane abis buka rekeninh bca kemain. Pas ane cek hari saldo tinggal 440k setor awal 500k .jadi kepotong 60k.

  92. agus iswanto

    Saya baru aja terima transfer dari seseorang sebesar 1.800.000.
    Saya tarik tunai sebesar 700.000 , harusnya kan sisanya 1.100.000.
    Pas saya cek. Kok saldo saya tinggal 1.000.000. Trus yg 100.000 ke mana..
    Gimana ni,.

  93. seribuana

    Gue jg gitu dua mggu yg lalu narik tunai kepotong 50rb…eh gang seminggu narik tunai lg kepotong 50rb lg..blm lg biaya perbulan ,paraaahhh

  94. Robert Saragi

    Boikot BCA, baru seminggu ini nransfer 100rb rek bca (maksud hati buat jaga jaga biar aktif terus bca nya) kirain cuma di potong 5000 ato 10000. Tapi malah dipotong 50000 bulet bulet
    50000 nyari nya juga pake keringat.
    BOIKOT BCA… Kimbek BCA. Mending pake celengan ayam dah kalau begini

  95. Asep

    Aku sering kepotong 50rb. Sekarang aku pindah bank yg tanpa biaya adm bulanan duit aman. Ini ud kelasnya asia tapi duit orang d mbat. Logisnya 50rb kalikan aj jumlah nasabah.

  96. Scott

    Bisa dibilang 50 ribu itu biaya cadangan untuk penutupan rekening, kalau di bjb 25 ribu, bri 50 ribu kl di mandiri sptnya lebih besar lagu

  97. chika franshila

    Sorry gan mau nanya ,
    Saya habis setor tunai memang saldo saya tidak banyak saldo terakhir saya setelah setor tunai 2.118.000 , 2 hari setelah setor tunai saya tarik tunai sebesar 1.000.000 tapi setelah saya cek ko saldo saya tinggal 111.018 ya? Saya kehilangan uang saya sekitar 1jt.an lalu kalau mau mrlapor ke pihak bca caranya seperti apa ya? Tolong cepat respect . Trimakasih

  98. korban

    Wah say juga bln kmrin narik di atm tiba2 ilang 30 ribu kirain itu emg potongan dr bln sebelum sama bln itu jga. Dan selang bbrapa minggu ane narik saldo lgi 100 awalnya ga ada msalah pas hri brikutnya ngcek saldo harus 1.200 itu tinggal 1.152 itu yg 48nya kmana coba??? Sedih banget gue nyari duit susah2, niatnya di tbung di atm biar hemat inu malah bobrok gara2 ptongan yg ga jlas

  99. Supono

    Malam…
    Maaf mau nanya .Kok saldo rekening BCA saya berkurang Rp 61000, kemarin saldo saya nol, trs ada transferan Rp 1700000, setelah di cek saldo tinggal Rp 1639000…;jd berkurang Rp 61000.. mohon penjelasannya .Makasih.

  100. Arum

    Sy jga kmrn dpt trnsferan 982.000,dicek di mutasi rek msk dan informasi saldo sesuai.lha kok hari ini di cek saldo tinggal 932.000. Di mutasi rek tdk ada potongan. Saldo selisih 50rb antara mutasi dan informasi saldo. 50rb ilang kemana???? Katanya cuma sekali, lha kok thn lalu q jga kepotong 50r, pas tanya ke cs bca katanya itu dana endapan. Lha skrg kepotong lg itu buat apa coba? Kok se enak nya gitu motong saldo orang,mentang” skrg org pd butuh atm buat transaksi. Gini caranya org gk bakal percaya sm yg namanya bank BCA

  101. Mey

    Ya ampun ternyata gitu ya.
    Saya baru buka rekening bca pertengahan maret kemaren dgn setoran awal 500ribu.. trus berapa hari kemudian cek saldo tinggal 425 ribu
    Banyak amat potongannya 75 ribu ckck

  102. SF

    Ingat2 saldo akhir kemarin cukup buat trf tp tiba2 wkt trf saldonya tdk mencukupi. Cek mutasi rekening masih normal seperti terakhir cek. Waktu cek saldo ternyata selisih 50rb. Gak percaya smp cek ke atm & benar2 kepotong 50rb tanpa ada notif apapun. Tanpa ada note pemotongan apapun di mutasi rekening. Seharusnya pihak BCAnya sendiri share surat pemberitahuan kpd nasabahnya utk hal2 seperti ini. Kecewa.

  103. Ilik

    Aku juga mas ..baru bikin buku rekening
    Saldo awal 500
    Kata nya bisa diambil 450 nyatan nya yg bisa diambil hany 400
    Sisa saldo 40rb
    Wkkw yg 60.kemana yak

  104. Golazo

    Kemaren siang baru buka rek gold. 500.000 buat saldo awal. Pas di cek mbanking pukul 03.57 eh tinggal 435.000 aja. Kirain potongan cuma 50 ribu. Sekalian mau tanya agan. Biar aman saldo di bca kira2 berapa ya paling rendahnya

  105. Leeds

    Sama gan.. cek saldo terakhir ane adalah 5.256.000.. Abis 3 hari ane ambil 500rbu.. Di atm center bca, harus nya kan sisa 4.756.000,, tapi nyatanya ga, malah saldo ane sisa 4.606.000… Wew,, minus nya pas 150 rbu.. Mesti buru2 silaturahmi ke BCA.. Klw bisa abis qte punya fulus..

  106. Leeds

    Sama gan.. cek saldo terakhir ane adalah 5.256.000.. Abis 3 hari ane ambil 500rbu.. Di atm center bca, harus nya kan sisa 4.756.000,, tapi nyatanya ga, malah saldo ane sisa 4.606.000… Wew,, minus nya pas 150 rbu.. Mesti buru2 silaturahmi ke BCA.. Klw kaga, bisa abis qte punya fulus..

  107. Selvi

    Saya sempat stor tunai 1.400.000 tp lgsg kepotong, jd sisax 1.365.000
    Pdhl saldo trkhr mah ada 20rban.
    Udah brp buln seperti itu,kirain sy yg slh hitung trnyata tdi nyetor astga BCA kebangetan??

  108. Sopan pamuji

    Mohon maaf sebelumnya pak .
    Saya mau tanya . tadi pagi sya baru buka rekening TAHAPAN BCA SILVER , buka saldo 700rb. Kira2 mksut dri saldo mengendap 50rb itu gimana yah ? Sisa 650rb begitu?
    Itu setiap bulan atau saldo mati 50rb?
    Mohon responya…
    Soalnya saya baca komentar2 sebelumnya banyak keluhan terhadap bank bca … Terima kasih

  109. Vani

    Saya sudah tutup rekening hampir 2th yg lalu. Krana saya lama tidak cek, skali cek saya menyadari kalo saldo saya berkurang byk skali jt’an. Pdhl saya tidak perna melakukan transaksi apapun di masa itu. Segera saya tutup rek. Saya. Thanks

  110. Fadilah

    Saya jg kepotong 50 rb.. Apa uang endapan ini terjadi setiap bulan pemotongan 50 rb nya…????? Klo begini yg miskin tambah miskin yg kaya tambah kaya dah…

  111. Rizka

    Ini sama banget aku juga kepotong 60 ribu. Ga dijelasin apa ap juga sm bank nya pas lg proses buka rekening.

  112. NOOR

    Aku punya atm bca tabunganku terakhir sisa saldoku 3500 rupiah lalu tmn saya tranfer 100rb trs aku mau ambil saldoku tinggal 88.500 jadi hilang15rb ?kok bisa gitu ya

  113. Zinda

    tiap bulan saldo saya kepotong 50rb. Saya mau lapor ke bca masih browsing dulu nih, ternyata juga banyak yg mengalami nasib yg sama seperti saya. Bagaimana bca tolong penjelasannya

  114. Nind

    Iya sama aq cek di mutasi rekening selisih 50 rb dengan yg di rekening saldo, klo memang ada pemotongan seharusnya terlihat juga dong di mutasi rekening.. tanpa ada pemberitahuan tiba2 potong seenaknya..klo kyk gini mending ga pake BCA

  115. dini

    iya nih masa dalam 1 bulan kepotong 50rb 2x kepotong . total 100rb bulat nih kpotong. cek di mutasi gak ada. wah taii nih lama lama bca

  116. Erna siswahyuni

    Hari ini aku baru pertama kali nabung alias setor tunai k rek ak
    D saldo ada 6 juta
    Aku nabung 3 juta
    Brrti harusnya 9 juta d saldo
    Tp ini knp d saldo 8,5 sekian
    Tp d buku tabungan jelas 9 juta d print.a
    Cek mutasi ibanking gada pot dstunya
    Jadi 50 nya kemanaaa??????? ??

  117. Ricoo

    Punya saya baru buka rekening saldo 100rb 2 hari kemudian saya cek lagi saldo tnggl 25 rb.. Hilang 75 rb. Gk tau kemana.. Kmprettt bner. Bca

  118. Nia

    Wah… berarti bukan saya saja yg alami ini. Saya jg baru buka rek BCA. Saldo awal 500rb. Trus tadi pagi baru instal mbangkingnya. Pas coba cek info saldo jadi berkurang 60rb.Yah… klo tau kyk gini mah ogah nabung di BCA. Sumpah nyeselll bangeeeeeet…

  119. ahmad putra

    Gila bener’ni bank.. Gue kan baru buat buku tabungan dgn nominal awal 500rb ehhh berselang 3hari mau diambil sisa saldo 440rb truss kmana 60rb’nya Jangan2 ketika sya cek lh bekuarang lg… ..nyesek bener mana dijaman lg susah sekarang aduh mudahan2 bank bca bangkrut ajalah Biar tau giamana uang hilang tanpa sepengethuan lw tw mh enak ini aduhhhhhhhhh?…….

  120. Yola

    Aku kira aku doang yg kek gini. Ternyata bnyk juga.. Baru aja bbrp hri yg lalu om aku tf 400rb..pdhl saldo terakhir ada kali tuh 200rban..eh kmrn pas mau di ambil saldo cuman ada 200rb..kalo kek gini boikot aja lah tuh si bank.. Kampret emg.. Nabung bukannya jd kaya malah jadi miskin..demi allah gua ga ikhlas kalo ky gini caranya.. Semoga cepet2 dapet balesan dah tuh dri allah..

  121. hamba Allah

    dulu dari jaman 2015 saldo saya ketarik ga jelas dalam sebulan bisa ketarik berapa kali. tp saya ga terlalu merhatiin dan perduli krna saldo saya thn itu lumayan bnyk. dan thn ini dlm sebulan biaya admin kartu silver jadi double 2 kali lipat beruturut-turut harusnya 15rb jadi 30rb. saya tlf dong hallo bca terus kata mas nya yg ketarik cuma 15rb. jelas2 gue bisa ngitung 2 bln berturut turut ketarik 30rb. pas abis tlf, gue cek lg saldo, eh dibalikin yg 15rb bln ini (bln kmrn nya engga), jadi ketarik biaya admin bln ini kembali 15rb, iya setelah tlf hallo bca. kl ga di tlf bakal keterusan! semoga Allah bales CEO BCA, sudah makan uang riba, ribuan orang. apalagi rakyat kecil. mending cepet2 pindah bank guys! gausah mikir 2 kali!!

  122. ajhi

    Hilang 65rb .. barusan kemarin masih ada. ini tgl 22/07/2017 kan belum sebulan .. knpa BCA Rugi nih bukanya nambah malah berkurang…

  123. rikucay

    kemarin saya terima transferan dan hilang 100rb, sekarang bingung kalo ada yg mau transfer kudu kemana takut dipotong lagi 🙁

  124. Adam

    Kejadian Sudah 4 bulan ini. Rata2 uang saldo yg ilang entah kmn larinya sekitar 600rb sampe 800rb.
    Tiap bulan setelah gajihan selalu saya ganti nomer pin atm bca. Tp tetep seminggu kemudian di cek pas ngambil uang m, ternyata saldo berkurang 200rb secara tidak wajar. Dan minggu berikut nya selalu saja begitu. Terakhir barusan saya ngambil 500rb, dan yg terjadi saldo berkurang drastis sekitar 350rb hilang.
    Memang sih saya tidak pernah nyetak dibuku atm bca saya. Udah lama banget.

  125. farid

    Sebulan ganti kartu flazz trus kepotong kepotong trus padahal administarsi semuanya udah lunas, knp begini nih BCA,, pertama ngambil kepotong 10rb, kedua ambil lagi sekitar 60ribuan..
    Bagi lo sih yg punya banyak uang gk masalah, nah kita nyari duit empot empotan uang 10rb aj berharga woii !

  126. Yomyaa

    Saya barusan buat atm bca terus saya ditanyai nomer hp yang slalu aktif , terus saya kasih , tapi sampai dirumah kartu aku yang aku kasih ke kantor bca itu hilang , ada masalah enggak yaa?tolong kasihtauu

  127. ninis

    Kemarin saya juga buka rekening bca dan tiba-tiba cek saldo tinggal 450rb 50rbnya kemana?
    Padahal dulu bca gak kaya gitu, cuman potongannya itu gede awal bulan potong pertengahan potong akhir bulan potong. Parah BCA

  128. Hanif

    Sama gan ane juga barusan kepotong,
    Ane habis setor kebca total semua dibuku tabungan pass tidak kurang sedikit pun..
    Saat ane mau transaksi di mbanking ternyata saldo ane kurang 50rb..langsung aja ane tlp hallobca dengan gampangnya CS bilang ‘iya betul pak saldo bpk kurang 50rb,50rb itu sekarang jadi uang ngendem yang sebelumnya 10rb…
    Kesel banget sama BCA caranya salah besar …klo begini terus mending pindah rekening..sudah ketahuan dari awal saldo ngendep dan admin murah..bca admin mahal masih aja potong uang ngendep

  129. M FADHILAH A

    Sial gw jg kepotong 55rb,, kemarin pagi teman tf 150rb saya lgsg cek saldo lwt ibanking ternyata cuma 100rb, waktu sore hari saya ke atm niatnya mau ambil yg 100rb td ternyata sisa 95rb sedangkan mesin atm pengambilan Rp100rb .. Alhasil saya pulang dngn kepala tertunduk :”(

  130. Baby joe

    Viralkan guys biar ramai?
    Kejadian yg sama, mgkn sdh 3xan saldo saya ke potong 50rb dlu saya pikir utk biaya adm bulanan saat saldonya kosong tp pas gajian lgsg dah di potong 50rb oleh bank bca..pas cek mutasi di ibanking ga ada tu laporan mutasinya buat biaya apa yg ada cuma biaya adm bulanan 15rb.
    Jadi dikemanakan duit qt yg bberapa X dipotong oleh pihak bca?……

  131. Cilo

    Permisi gan mau tanya, kan saya baru buka rekening tanggal 12 kemaren dan saha setor 600rb langsung saldo mengendapnya kan 50rb jadi sisa 550rb. Terus hari ini tanggal 16 saya setor tunai ke atm 250 terus pas liat print”an saldo saya harusnya 800rb tapi kok malah tinggal 775rb, 25rbnya itu kirakira kemana yaa gan?? Terimakasih?

  132. Hati2 nabung di BCA

    Hati2 nyimpen duit di BCA ,sy Transfer
    buat adek sy 350rb,
    seminggu kemudian bru di ambil sm adek saya, pas di CEk saldo sisa 200rb..
    GILAA… Ngerampoknya ga tanggung2 hampir 50% dr saldo… Ga bakal lagi saya naruh uang di BCA.. Bank najissss

  133. Anin

    Ini barusan banget ambil uang gajian juga bingung kenapa bln lalu 50ribu juga ga bisa diambil padahal itu ga termasuk yang ketahan dan bukannya nambah saldo sisa bulan lalu sekarang malah kurang. Hhhhh

  134. ISKANDAR

    Kalau saya kepotong nya 101.500 gan selang beberapa menit setelah ada transferan masuk ke BCA tiba2 saldo koq berkurang, pas saya cek mutasi katanya saya sudah melakukan transaksi via e-banking, padahal saya transaksi jg kagak, kalau pun saya transaksi biasanya ada pemberitahuan sms jg. Lah ini ga ada sm pula. Nyari untung sebelum akhir tahun gini amat.

  135. Saakinah

    Saya juga teman saya transfer 100 tgl 18 seharusnya 720 pas saya cek saldo nya malah kurang 50 malah jadi 655 setelah di potong ADM 15
    Yang saya mau tanya mohon pencerahan, ini di potong nya sekali apa tiap bulan???? Soalnya baca di komentar ada yang tiap bulan di potong 50

  136. galih

    Barusan gue juga ngecek lewat e-banking (27/01/2018)
    Duit gue raib 60 ribu
    tapi di cek mutasi gk ada transaksi apapun (mutasinya kosong)
    ini BCA apa2an ngerampok duit nasabah, mana gak ada catatannya lagi

  137. anas wibowo

    Saya dpt transferan 200rb trus saldo yang masuk cuma 160rb kmudian hari lgi saldo sya kepotong lagi .. gimana ini bca motong saldo seenaknya saja ..

  138. Jhonpeterson

    Sama gw jg dpt transferan dari Uber 50rb besoknya pas di cek saldo tinggal 20rb..truss gw baca bnyk banget coment nasabah bca yg ngalamin lbh menyakitkan..dan gak pake pikir panjang langsung aja gw beralih ke BRI tabungan org Indonesia punya..aman..mantap..keterangan jelas

  139. ujang suparman

    Uang gajih saya hilang pas sy lht saldo nya tinggal 41.954.00
    Pas saya cek mutasi melalui apkikasi BCA MOBLIE tidak ada transaksi…mohon bantuan nya gan kenapa uang saya bisa hilang
    Tolong di jawab ya

  140. Rosid

    Wah ga bener nih BCA,,kmren kpotong 50rb,,tlp kepusat,,ga akan ada potongan lgi ! baru 1 hri kepotong lgi 10rb .. potongan tanpa pemberitahuan .. biar berkah ajah dah dan yg makan uang nya biar sejahtra di dunia,menderita di akhirat .. makan duit haram aminn ya rob

  141. Ririn

    Sama..
    Pertama buka rekening 500rb. Di ambil 150rb tinggal 285rb. Harusnya 350rb klo pun di potong 17rb ga harus 65rb yg ilangny……

  142. mfathanfauzan

    Yang bener aja, niat saya sih cuma selametin atm biar aktif dan ga ketelen. Transfer 150rb beberapa jam di cek tinggal 85rb. hebaatt bca gede banget motong nya. Tuh duit kemana pergi nya anjir ga ngerti aing!

  143. Ujang

    Saya bru buka rekening saldo awal 500rb, Pas saya cek saldo udah berkurang 50rb,dan hari ini saya cek saldo lgi berkurang lagi 25rb jdi total nya 75rb

  144. makinmiskin

    sama saya beli pulsa kepotong lebih dari pulsanya
    aneh nih bca, dari dulu saya udah ragu, kok ada pengurangan sepihak…
    saya catat di komputer, dan saya cross check
    bener2 ada pemotongan dari bca, mau saya tutup aja nih tabugan, sudah susah cari duit, malah kek gini

  145. Sri soleha

    Lagi butuh butuhnya uang. Di transfer 60ribu eh pas di cek jadi 17.500
    Tau gitu gak bakal transfer lwt bank ATM BCA

  146. Atril panca

    Bicara saldo mengendap, andai kita tutup rekening apa saldo mengendap bisa ditarik? Kalau tidak bisa, kata mengendap hanya akal-akalan saja dari bca

  147. Andri

    pengalaman dari aku 3 bulan lalu buka rekening aku isi 600 rb trus sekarang aku check saldonya soalnya ada sudara kirim dari luar negri eh kok uangnynya tinggal 380 ribu yang 120 ribu kemana? atau kena biaya 40 rb/bln y ? ih ngeri lgsung deh aku kuras aj tuh uang biar aman

  148. sang putu tuka

    Saya juga gtu baru gah mukin dah lama saldo saya di potong 50rb habis di photo skraf tgl 18 juli besok nya saya poto saldo saya kaget malah berkurang 50rb

  149. Deni

    Maaf saya mau tanya .
    Tadi siang adik saya transfer ke rekening bca saya,, kenapa ya pas tadi saya mau di ambil uangnya ternyata kepotong 50rb.

  150. Nurhasanah

    Sy juga baru j kena potongan 10.000 padahal baru 1 minggu buka rekening…pdahal wktu buka rekening kena admin 50 ternyata blom 1 blan udah kna 10rb?

    • haris

      saya td buat Rekening BCA. isi 500.000 katanya minimal. barusan saya cok ko 450.000 . berarti kurang 50.000. ga ada pemberitahuan

  151. daud

    narik pertama tanggal 12 agustus kepotong 40rban. tadi narik lagi kepotong 20rban.. kenapa gitu dalam sebulan potongan sampe segede itu. aduhhh

  152. Nal

    Asli bangsat nih BCA. Tgl 25 juni saya buka rekening BCA, dengan setoran saldo awal 550rb, lalu saya tarik 450rb, saya sisakan 100rb di atm, sekarang tgl 20 juli saya cek rekening tinggal 21ribu. Belum ada sebulan buka rekening BCA. Potongan sebesar 79rb itu kemana? BCA melihara tuyul ya?

  153. Bilal

    Saldo di atm bca saya awal 500 saya ambil 250 naahh masih sisa 250..
    Malem saya ambil lagi 200 ,, sisa 50 ribu..
    Besok nya pagi pas saya chek saldo saya minus sampai -133ribu itu kenapa yaa kok bisa begitu ??

  154. SYARIF

    BAGAIAMANA CARA MENUNTUT BCA ATAS TINDAKAN PEMOTONGAN SALDO SEPIHAK TANPA PENJELASAN.
    HINGGA HARI INI 08 September 2018. SALDO TERPOTONG DILUAR AKAL SEHAT PROSES ADMINISTRASI NYA.
    WAHAI PEMERINTAH , MOHON AUDIT BCA TEEHADAP AKTIVITAS PEMOTONGAN SALDO GELAPNYA.
    TIDAK FAIR UNTUK KAMI YANG DIGAJI MENGGUNAKAN REKENING BCA.
    KARENA DARI DULU SAYA TIDAK PERNAH SUKA BANK INI.
    SEMAKIN JELAS PEMOTONGAN DAN KEHILANGAN SALDO INI ADALAH PERAMPOKAN BERKEDOK LEMBAGA.

  155. Wariyanto

    Saya kemarin buka rekening baru, dgn saldo 500k dan saya tarik 2kali yg pertama 300k dan yg kedua 100k, tp saya cek saldo kok tinggal 50k ya, yg 50k lg kemana.
    Mohon penjelasanya, trima kasih.

  156. Slamet wer

    Bajingan bca pottong2 50ribu, kok gitu, ilang kok 50,115…. kok pakek 115rupiah segala asu ngraagas bca tellek assu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *